Oleh : Alfira Aulia Fahrun N.

Sumber gambar: Kompasiana.com

Mendengar kata Mahasiswa Baru (MABA) pasti sering diidentikkan dengan kegiatan pengenalan lingkungan kampus atau ospek sampai dengan merantau ke luar kota demi menimba ilmu di kampus impian. Sebagai mahasiswa perantau salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi selain kebutuhan sandang dan pangan adalah kebutuhan papan alias tempat tinggal, yakni dengan menyewa tempat kost sebagai tempat  tinggal selama merantau di luar kota.

Masa-masa awal ngekos seringkali menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa baru yang pertama kali merantau jauh dari rumah sehingga tak jarang bayang-bayang kampung halamanpun mulai menghantui. Mulai dari rasa rindu dengan keluarga dan orang-orang tersayang, suasana perantauan yang asing, rasa takut tidak bisa survive selama menjalani masa perantauan, rasa ingin cepat-cepat pulang kampung dan lain-lain. Tak jarang masalah klasik ala-ala anak rantau tersebut malah akan semakin menghambat kegiatan sehari-hari dan berakhir dengan menurunnya mood kita. Tentu saja kita tidak mau hal itu terjadi bukan? Lantas, bagaimana trik agar perasaan kangen rumah tersebut dapat ditepis jauh-jauh? Berikut tips yang dapat kalian simak!

  1. Mencari Kesibukan

Terus menerus larut dalam kesedihan dan rasa rindu akan kampung halaman bukanlah hal yang baik dan akan semakin merusak suasana hatimu. Carilah kesibukan yang dapat mengalihkannya dengan mengikuti komunitas atau organisasi di kampus yang dapat mengasah kemampuan dan bakatmu, mengikuti kegiatan volunteering, mengikuti kepanitiaan, mengembangkan hobi, mendekorasi kamar kos, dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya

2. Tetap Menjalin Komunikasi dengan Keluarga dan Orang-Orang Terdekat

Obat yang paling manjur ketika perasaan homesick menyerang adalah dengan menghubungi orang tua di rumah atau orang-orang terdekat di hidup kita. Dijamin deh, suara mereka setidaknya bisa meringankan rasa rindu akan kampung halaman nan jauh disana.

3. Mencari Teman

Terbuka dengan orang-orang baru adalah hal yang wajib kita lakukan. Beranikanlah dirimu untuk mulai berkenalan dengan orang baru yang kamu temui di kampus dan sekitarmu dan berteman baiklah dengan mereka. Temukan teman yang sekiranya klop denganmu ya! 

4. Eksplor Kota Perantauan

Pastinya kita akan merasa bosan apabila terus-terusan meringkuk di kamar kos seharian. Mulailah dengan beranjak dari kamar kos dengan jalan-jalan mengelilingi kota perantauan. Suguhan pemandangan kota, hiruk pikuk masyarakatnya, santapan khasnya, dan lain-lain dijamin akan semakin memanjakan dirimu.Dari kegiatan eksplorasi inilah yang akan membuatmu kenal dan nyaman tinggal di kota perantauan karena pepatah sendiri pernah berkata bahwa “tak kenal maka tak sayang.”

5. Berdamai dengan Keadaan 

Tentunya kalian masih ingat apa tujuan awal kalian rela jauh-jauh meninggalkan kampung halaman adalah untuk menimba ilmu, bukan? Cobalah ingat tujuan awal kalian, perjuangan kalian hingga sampai berada di titik sejauh ini, orang tua kalian yang menunggu kabar kalian meraih gelar sarjana, dan banyak hal juga sudah kalian korbankan, bukan? Ingatlah tujuan tersebut dan jadikan sebagai motivasi untuk menjalani hari-hari kalian.

Itulah beberapa trik yang dapat kalian gunakan ketika tiba-tiba hati dihantui dengan perasaan homesick. Sebagai perantau, sekali-kali rindu rumah memanglah hal yang wajar, tapi terus-terusan bersedih juga bukanlah hal yang baik. Tetap jaga semngat kalian dalam mengecar cita-cita di kota perantauan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *