Oleh: Trisiwi Cintya Palupi

Sumber gambar : ikanesia.id

Hewan unik bernama axolotl ini mempunyai nama latin Ambystoma mexicanum. Nama axolotl sendiri berasal dari bahasa Aztec. Secara bahasa, axolotl adalah gabungan dari dua kata yaitu atl yang berarti air dan xototl yang berarti monster. Hal ini lah yang membuat hewan ini sering disebut sebagai monster air.

Axolotl sendiri sesuai julukannya “salamander Meksiko”, berasal dari Meksiko yang tepatnya berada di Danau Xochimilco. Ia merupakan salah satu hewan air tawar yang dapat dijadikan hewan peliharaan. Selain itu, orang Meksiko juga biasa menyantapnya sebagai makanan dan dikatakan bahwa rasanya mirip seperti belut atau ayam.

Dilansir dari idntimes.com, status konservasi axolotl berdasarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah critical, yang berarti populasinya sudah mulai mendekati kepunahan. Hal ini disebabkan axolotl sering diperdagangkan secara ilegal, sehingga jumlahnya di alam semakin sedikit.

Selain fakta-fakta di atas, berikut fakta unik lainnya yang dimiliki oleh axolotl:

1.    Amfibi

Meski sering dijuluki sebagai “ikan berjalan”, nyatanya axolotl bukan termasuk ikan melainkan murni dari keluarga amfibi. Hal ini memungkinkannya untuk bisa hidup di air maupun di darat. Axolotl merupakan jenis salamander, namun tak melalui proses metamorfosis untuk mencapai kedewasaan seperti salamander lainnya.

  1. Memiliki Insang dan Paru-Paru

Axolotl memiliki insang eksternal yang berbentuk kumis berwarna cerah yang keluar dari kepala. Insang ini digunakan untuk menyerap oksigen dan dapat menyala ketika mereka merasa hidupnya terancam. Selain memiliki insang, mereka juga punya paru-paru untuk berjaga-jaga jika harus hidup di darat. Paru-paru ini tumbuh saat tubuh mereka berada di tempat berair yang dangkal.

3.    Kemampuan Meregenerasi Organ Tubuh

Kemampuan luar biasa yang dimiliki axolotl yaitu dapat mengembalikan bagian tubuh yang yang rusak atau lepas, hampir pada semua hal di tubuh mereka. Termasuk tungkai, rahang, ekor, sumsum tulang belakang, dan kulit. Hal ini bisa dilakukannya dalam waktu singkat sekitar beberapa minggu.

Dikutip dari bernas.id, James Godwin, seorang peneliti dari Australian Regenerative Medicine Institute (ARMII) di Universitas Monash, mengatakan bahwa makrofag yang selama ini dikenal sebagai salah sel dalam sistem kekebalan tubuh, ternyata berperan besar dalam kemampuan regenerasi yang luar biasa ini.

  1. Ritual Kawin

Axolotl memiliki ritual kawin yang aneh. Sebelum berkembang biak, mereka akan melakukan ritual tarian yang dapat berlangsung berjam-jam. Tarian tersebut semacam fase pengenalan untuk kawin. Axolotl jantan akan menyetor sperma ke bebatuan dan tanaman lalu mendorong axolotl betina ke tempat sperma tersebut.

5.         Tahan Tehadap Kanker

Stephane Roy dari Universitas Montreal, yang meneliti tentang regenerasi jaringan pada vertebrata, menemukan bahwa axolotl lebih dari 1.000 kali lebih tahan terhadap kanker daripada mamalia. Hewan ini sedang dipelajari secara luas dengan harapan bahwa peneliti medis dapat menemukan terobosan dalam perang melawan kanker pada manusia.

6.    Menghisap Makanan

Axolotl tidak memiliki gigi untuk mengunyak makanan, sehingga mereka makan dengan cara menghisap. Di alam liar, mereka biasanya memakan cacing, ikan kecil, amfibi kecil, siput, dan krustasea. Saat makan, mereka membuka rahangnya lebar-lebar dan menghisap makanan lalu langsung menelannya ke dalam perut.

Itulah beberapa fakta unik yang dimiliki oleh hewan bernama axolotl ini. Karena kemampuannya yang luar biasa dan unik, para ilmuwan sangat sering menggunakan hewan ini sebagai bahan penelitian. Namun, perlu diingat bahwa populasi axolotl sudah mulai mendekati kepunahan. Manusia harus mengurangi perdagangan ilegal dan tidak merusak habitatnya agar populasi axolotl tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *