Sumber gambar: impawards.com

Film Lady Bird mengisahkan tentang seorang gadis remaja rebel bernama Christine McPherson yang diperankan oleh Saoirse Ronan. Lady Bird sendiri adalah sapaan akrabnya. Pada masa itu, ia sedang berada dalam masa mencari jati diri. Ia hidup dengan keluarga kecil yang bermukim di Sacramento. Namun, ia merasa dirinya berada di “tempat yang salah”.

Hubungan antara Christine dengan sang ibu, Marion McPherson (Laurie Metcalf),  tidak begitu harmonis. Sebab, watak keduanya yang keras kepala kerap kali membuat Christine dan Marion saling adu argumen. Bahkan, ibunya pun memperdebatkan mengenai ia yang lebih menyukai panggilan Lady Bird daripada Christine.

Menginjak tingkat akhirnya di SMA Katholik, Christine bertekad keras untuk mewujudkan ambisinya yakni melanjutkan studi di New York, kota yang berkultur. Ia bersikeras ingin segera lepas dari kampung halaman yang membosankan baginya di Sacramento. Ia ingin hidup bebas dan jauh dari orang tuanya.

Sayangnya, Marion menentang impian tersebut. Hal ini terjadi karena perilaku Christine yang pembangkang, sering kali bertingkah konyol, dan tengah mengalami fase rebel-nya remaja. Marion pun menjadi overprotective dan menganggap remeh tekad Christine. Berbeda dengan sang ibu, ayahnya yaitu Larry McPherson (Tracy Letts), justru memberi dukungan kepadanya. Bahkan, Larry mau membiayai pendaftaran universitas tanpa sepengetahuan Marion, meski dalam kondisi keuangan yang sulit.

Seiring berjalannya waktu, Christine terpikat dengan seorang pria di komunitas teater yang ia ikuti, yakni Danny O’Neill (Lucas Hedges). Namun, hubungan ini tidak terjalin dengan baik karena sebuah perkara yang membuat Christine cukup shock. Tak lama, ia bertemu dengan Kyle Scheible (Timothee Chalamet), vokalis band berkharisma di sekolahnya. Kisah asmara Christine dengan Kyle merupakan awal dari akar konflik beruntun yang membuat dirinya amat terpukul.  Hubungan baiknya dengan Julie Steffans juga menjadi bagian dari masalahnya.

Suasana hati Christine semakin kacau ketika Marion mengetahui persoalan yang dirahasiakan olehnya dengan Larry terkait pendaftaran universitas di Kota New York. Tentu saja, hal ini membuat Marion sangat kecewa.

Lady Bird merupakan film bergenre drama dan komedi. Greta Gerwig merupakan seorang sutradara sekaligus penulis dari film ringan sarat makna ini. Berkat kemahirannya, ia telah sukses men-direct film Lady Bird hingga meraih penghargaan di ajang Golden Globe Awards 2018 dengan kategori film komedi atau drama musikal terbaik.

Pemain dari film ini terdiri dari aktor dan aktris bertalenta, seperti Saoirse Ronan, Laurie Metcalf, Tracy Letts, Timothee Chalamet, Lucas Hedges, Lois Smith, Stephen McKinley Henderson, dan Beanie Feldstein. Dengan plot yang menarik, Lady Bird berhasil menggiring suasana hati menjadi campur aduk. Terlebih skenario menarik dalam film berdurasi 94 menit ini memuat problematika tentang mother-daughter relationship, friendship, dan romantic relationship. Hal ini tak hanya membuat baper, tetapi juga menghipnotis penonton untuk menikmati di setiap scene-nya.

Film Lady Bird dengan gaya milenial mampu mengajak para penonton untuk bernostalgia dengan dinamika kehidupan remaja. Di setiap adegan, Saoirse Ronan pun membawakan karakter Christine secara apik dengan kisah remaja berkemauan ini itu layaknya gejolak kawula muda di kehidupan nyata.  

Perpaduan konflik yang direkayasa dalam film tidak ambigu sehingga penonton pun mudah mengerti. Meski terkesan klise, konflik di dalam plot film berhasil tampil amat relate dengan lika-liku kehidupan nyata. Adegan dalam cerita pun terasa tidak clingy. Nuansa komedi yang tersisip di beberapa scene membuat alur cerita lebih santai. Tampak pada part opening film ketika Christine berdebat dengan Marion di dalam mobil, terdapat adegan  yang seketika membuat Marion amat tersentak, sebab buah hatinya nekat menjatuhkan diri keluar mobil.

Pesan moral yang tersirat di beberapa adegan berhasil tersampaikan hingga mengetuk hati. Hanya saja, di pertengahan cerita sedikit bertele-tele. Bagi para penggemar film yang cepat bosan kiranya kurang cocok. Meski demikian, scene di ending dari film Lady Bird ini penuh emosi dan lengkap dengan pesan terselubung yang menyentuh, sehingga menutup keseluruhan cerita dengan sempurna. Fun storyline dan fun characters yang mewarnai isi cerita di film ini layak untuk masuk ke dalam wishlist tontonan kalian!

 

Penulis: Fantika Setya Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *