Oleh: Pratisto Ilham

Sumber gambar: mediaindonesia.com

Sudah hampir dua tahun kita terjebak dalam pelaksanaan kuliah online. Hal ini terjadi karena adanya pandemi yang sampai sekarang belum juga berakhir. Dikutip dari beautynesia.id, tidak sedikit dari mahasiswa yang merasa malas karena pembelajaran secara online yang kurang efektif. Perkara tersebut diperparah dengan adanya tugas yang menumpuk dengan deadline yang terlalu mepet.

Meskipun begitu, kita sebagai mahasiswa sudah selayaknya memenuhi kewajiban dengan mengikuti perkuliahan secara maksimal. Nah, di bawah ini ada kiat-kiat yang bisa dilakukan agar kuliah online bisa berlangsung secara efektif dan efisien serta membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menjalaninya.

  1. Menyusun Jadwal Perkuliahan

Biasanya, dalam kuliah online kita diharuskan untuk mengisi presensi di laman milik universitas. Presensi ini pun nantinya akan dijadikan sebagai syarat untuk mengikuti ujian di akhir semester. Dengan menyusun jadwal, kita bisa lebih mudah mengingat apa saja mata kuliah yang harus diikuti dalam setiap harinya, sehingga kita tidak akan lupa untuk presensi.

  1. Mencari Tempat yang Nyaman

Meskipun mengikuti perkuliahan dari rumah, banyak mahasiswa yang masih kesulitan berkonsentrasi saat mengikuti perkuliahan secara online. Kita bisa mengatasi hal ini dengan mencari tempat yang nyaman di dalam rumah sehingga bisa fokus dalam menjalani perkuliahan. Selain itu, kita juga perlu memberi tahu orang tua atau saudara bahwa kita sedang mengikuti kuliah sehingga mereka bisa mengerti dan memberi waktu untuk kita sendiri.

  1. Memperhatikan Materi Perkuliahan yang Disampaikan Dosen

Mengikuti perkuliahan dari rumah memberi kita banyak kebebasan, namun bukan berarti hal tersebut dapat membuat kita seenaknya sendiri dalam mengikuti pembelajaran. Fokuslah hanya kepada kegiatan perkuliahan dengan tidak melakukan kegiatan lainnya saat mengikuti kelas. Karena dengan kebebasan tersebut, harusnya kamu dapat lebih bersemangat dan lebih fokus dalam menyimak semua materi yang diberikan oleh dosen.

  1. Mencatat Poin Penting Mengenai Materi Perkuliahan

Tidak hanya sekedar menyimak saja, untuk bisa mengingat dengan baik materi maka kita perlu mencatat semua hal penting dalam perkuliahan tersebut. Meskipun perkuliahan diadakan secara online, pastikan kita tidak terlewat untuk memahami materi yang sudah diajarkan. Hal ini berhubungan dengan ujian di akhir semester yang tentunya akan mempengaruhi nilai kita.

  1. Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Selain menerangkan materi kuliah, biasanya dosen juga akan memberi beberapa tugas yang harus dikerjakan mahasiswa dan memberi batas waktu tertentu untuk pengumpulannya. Sangat penting bagi kita untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang telah ditentukan oleh dosen. Hal tersebut dikarenakan semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika kita terlambat mengumpulkan tugas.

  1. Istirahat dengan Cukup

Kiat terakhir adalah luangkan waktu untuk istirahat yang cukup. Meskipun disibukkan oleh jadwal perkuliahan yang padat, kita tidak boleh lupa untuk menjaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup dan berkualitas. Hal ini bertujuan agar pikiran kita dapat kembali segar dan dapat menyerap ilmu dengan baik di sesi perkuliahan berikutnya.

Beberapa kiat di atas dapat kita lakukan selama mengikuti perkuliahan secara online di rumah. Dengan itu, diharapkan kita dapat memiliki sebuah aktivitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan meskipun masih dilaksanakan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *