Oleh : Esti Alibi

Sumber gambar : klinikdokter.com

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita mengenai permasalahan kesehatan mental yang dialami mahasiswa, baik di media eloktronik maupun surat kabar. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami mahasiswa adalah depresi. Menurut American Psychiatric Associations Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disoeders Edisi Ke-5 (DSM-V), depresi adalah gangguan mood yang terjadi selama dua minggu berturut-turut. Pada umumnya depresi disebabkan oleh stres yang terjadi dalam waktu lama dan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan padatnya jadwal kuliah, kondisi dan situasi lingkungan pergaulan yang baru, dan permasalahan kompleks lainnya yang sering terjadi pada mahasiswa.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi stres dan depresi sendiri tanpa ribet-ribet lo, yuk simak cara-caranya!

  1. Konsumsi Makanan Sehat

menjaga keseimbangan makanan yang memiliki kadungan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang cukup dapat menjaga perasaan agar tetap dalam keadaan baik. Ada beberapa rekomendasi makanan untuk penghilang stres yaitu alpukat, berry, jeruk, kacang mede, oatmeal, yogurt, sayuran berdaun hijau, salmon, dark chocolate.

  1. Tidur Cukup

Tidur merupakan hal penting bagi kesehatan karena saat tidur tubuh menjadi rileks, sehingga memberikan waktu istirahat untuk tubuh dan membangun kembali otot-otot yang lelah seharian. Adapun untuk jumlah waktu tidur yang sehat bagi mahasiswa adalah 7—9 jam dalam sehari.

  1. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki berbagai gangguan kesehatan mental. Berikut beberapa olahraga ampuh pengusir stres yaitu yoga, jalan santai atau jalan cepat, menari, teknis, dan sepak bola. Silakan dicoba ya, ingat yang pasti harus konsisten ya.

  1. Ibadah

Ibadah sendiri adalah hal yang perlu ditanamkan oleh setiap manusia. Ibadah juga sebagai pengingat umat manusia akan pengaruh negatif yang hidup di lingkungannya selain itu juga sebagai pembentuk karakter masing-masing pribadi.

  1. Liburan/Refreshing

Berkutat dengan kegiatan yang sama setiap harinya pasti menimbulkan kejenuhan, dan kelelahan. Oleh karenanya perlu bagi mahasiswa meluangkan waktunya untuk berlibur bisa sendiri ataupun bersama teman-temannya. Sejenak untuk melepaskan kelelahan dan penat dari kehidupan sebagai seorang mahasiswa.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang artinya tidak dapat dipandang sebelah mata. Meskipun tidak terlihat secara nyata, dampaknya dapat menyebabkan hal yang mengerikan. Oleh karena itu, yuk mulai jaga kesehatan mental kita sejak sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *