Bicara soal kamera, mungkin saat ini lagi booming kamera digital jenis mirrorless yah. Namun ternyata kamera analog pun mulai kembali jadi pilihan kaum muda saat ini. Kamera analog sendiri merupakan kamera yang pengambilan gambarnya masih menggunakan film.

Kelebihan dari kamera analog banyak loh! Pertama, lebih menghargai foto dan melatih insting, karena kita tidak tahu hasilnya jika tidak dicetak, maka kita harus memanfaatkan setiap frame nya dengan baik. Kedua, kamera analog tidak mengenal resolusi, jika kalian mencetak foto sebesar lemari kaca pun tidak akan pecah fotonya. Ketiga, kamera analog lebih tahan banting karena tidak memiliki banyak komponen sensitif seperti kamera digital yang mudah rusak karena jatuh atau terkena air. Ke empat, ada seni didalam foto kamera analog yaitu grain. Grain sendiri adalah bintik-bintik atau efek dari hasil foto dan cuci film. Ke lima, warna yang dihasilkan oleh kamera analog sangat mencolok dan eye catching karena film menangkap sinar objek apa adanya.

Setiap ada kelebihan pasti terdapat kekurangan. Kekurangan dari kamera analog ini adalah susahnya mencari kamera analog yang baru. Karena kamera analog adalah kamera jadul, maka yang dijual pun merupakan kamera bekas. Jika ingin membeli maka harus meneliti kamera tersebut apakah banyak kekurangannya atau tidak seperti lensa ada bintik-bintik atau flash kamera tidak menyala, dsb. Kemudian susahnya mencari film, karena hanya dijual di online dengan kisaran harga 50-120ribu/roll. Berkurangnya laboratorium yang menyediakan cuci film juga menyebabkan mahalnya harga cuci film yaitu sekitar 50-75ribu/roll. Lalu sedikitnya tempat servis kamera analog, banyak yang pakai tetapi tidak ada tempat servisnya.

Walau mahal dan banyak kendala, namun kamera analog tetap digandrungi oleh pecintanya dan terus meningkat. Semoga semakin banyak yang nganalog yah!

Berikut hasil foto saya saat pakai analog:

Foto: : R. Mahrufah Riesa Putri

 

 

 

 

 

(Oleh: : R. Mahrufah Riesa Putri)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *