Oleh: Bina Prasetyawati

Sumber gambar : camusnesia

Perkembangan zaman memiliki pengaruh hampir di segala aspek kehidupan manusia. Tidak siapapun dapat terhindar dari hal ini, termasuk mahasiswa. Kemajuan zaman memiliki dampak positif dan dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah masuknya budaya kebarat-baratan. Sering kita temui mahasiswa yang mempunyai selera berpakaian seperti orang barat.

Sumber gambar : dreamstime.com

Permasalahan terjadi ketika gaya berpakaian mereka diaplikasikan di lingkungan kampus. Dewasa ini sering dijumpai mahasiswa yang hanya memakai kaos untuk pergi ke kampus. Tak hanya kaos bahkan sekarang dapat dijumpai mahasiswi yang memakai crop top maupun rok pendek di atas lutut pada saat perkuliahan berlangsung. Hal-hal tersebut sangat bertentangan dengan budaya ketimuran bangsa Indonesia yang masih menjunjung tinggi sopan santun dalam berperilaku maupun berpakaian.

Cara berpakaian dari mahasiswa-mahasiswa nowadays tidak luput dari adanya perkembangan zaman yang semakin cepat. Akses teknologi yang maju membuat mahasiswa semakin mudah dalam mengakses media sosial dan westernisasi pun tak dapat terhindarkan. Masuknya budaya barat mendorong berbagai sektor penunjang gaya hidup menjadi semakin bebas dan luas. Banyak toko retail menjual pakaian kekinian yang berkiblat fashion dari Eropa maupun Amerika.

Kemudahan-kemudahan tersebut akhirnya membuat banyak kawula muda mengikuti dengan tujuan agar tidak tertinggal trend. Memang benar pendapat bahwa tubuh mereka adalah pilihan mereka, mereka bisa menentukan akan memakai apa untuk hal apa. Namun, di sisi lain mereka juga harus bisa menempatkan diri, dalam hal apa mereka bisa mengekspresikan cara berpakaian mereka dan kapan mereka harus berpakaian sopan. Kampus merupakan lembaga formal, di mana tujuannya ialah untuk menuntut ilmu. Mahasiswa harus menunjukkan rasa hormat mereka baik lewat cara berperilaku maupun berpakaian.

Lewat cara berpakaian, kita dapat menunjukkan bagaimana kita bersikap akan suatu keadaan. Budaya ketimuran bukan sesuatu yang membuat seseorang tertinggal sebuah trend, justru menunjukkan rasa cinta terhadap budaya milik sendiri. Indonesia merupakan negara yang sangat menjunjung nilai dan norma yang ada di masyarakat. Sebagai warga negara yang baik, kita harus memilah kembali hal-hal yang masuk dari luar bangsa Indonesia agar nilai bangsa Indonesia tetap terjaga seiring dengan perkembangan zaman.

Perkembangan zaman merupakan hal yang sangat baik bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia. Dengan adanya perkembangan zaman, akses dalam berkehidupan akan menjadi semakin mudah. Namun pengaruh negatif dari perkembangan zaman juga tidak dapat terelakkan, seperti halnya dalam cara berpakaian ini. Sebagai seorang mahasiswa, kebijakan dalam memilah dan memilih pengaruh dari perkembangan zaman sangat diperlukan. Ada hal yang harus kita singkirkan demi tetap menjaga nilai dan norma sebagai bangsa yang memegang budaya ketimuran baik dalam berperilaku maupun berpakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *